cctv


Kamis, 08 November 2012

Materi WEB

Pengertian website

Desaign web adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhandan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yangutama memusatkan pada tampilan dan cita rasa.Sedangakan aspek yang mencangkup pada designweb antara lain menciptakan animasi dan grafik,pemilihan warna ,grafik dan font.

Fungsi desain web

Secara umum fungsi situs web adalah sebagaiberikut:

1.              Fungsi KomunikasiSitus web tang berfungsi sebagai komunikasi pada umumnya adalah web dinamis.Karenadibuat menggunakan pemrograman web(server side)maka dilengkapi dengan fasilitas yangmemberikan fungsi-fungsi komunikasi seperti web mail ,formanthec,chatting,forum dll.

2.              Fungsi Informasi

Menekankan pada kualitas konten,karena tujuan situs ini mnyampaikan isinya

6 Prinsip Dalam Membuat Desain Website

Prinsip-prinsip yang di gunakan dalam Desain website adalah sebagai berikut:

·         Pertama adalah Metaphore yaitu dimana merupakan suatu penerapa prinsip-prinsip lama yang akan digunakan untuk menghasilkan sebuah prinsip yang baru.
·         Kedua adalah Clarity yaitu dimana dalam mendesain suatu web harus ada sebuah tujuan tertentu ataupun bisa dibilang kalau harus mempunyai tujuan yang jelas.
·         Ketiga adalah Consistency yaitu konten yang di isi harus mempunyai tema yang konsisten dimana tidak berubah-ubah harus mempunyai satu acuan pokok.
·         Keempat adalah Alignment yaitu merupakan kerapian dari suatu desain web tersebut yang mana tentunya akan mempengaruhi si pembaca dalam menyimak website tersebut bisa dimulai dari bentuk paragraph ataupun tambahan-tambahn gambar yang terdapat di dalam web tersebut.
·         Kelima adalah Proximity yaitu persiapan serta kelengkapan dari suatu website dan juga bisa menyesuaikan dengan tema pembicaraan dengan mempunyai beberapa perangkat pendukung atau item-item yang benar-benar bisa membuat suasana menjadi lebih hidup.
Keenam adalah Contrast yaitu masalah tampilan yang harus memberikan kesan yang nyaman untuk pengguna atau pengunjung website tersebut. (http://handokotantra.com/6-prinsip-dalam-membuat-desain-website.html)
·          
7 kriteria yang menentukan sebuah website termasuk website yang baik/tidak, yaitu :
1.       Usability
Jacob Nielsen sang guru usability, usability adalah ' dapatkah seorang user menemukan cara untuk menggunakan website tersebut dengan efektif ( doing things right ). Masih menurut Jacob, usability memiliki 5 karakteristik :
- Mudah untuk dipelajari;
- Efisien untuk digunakan;
- Mudah untuk diingat;
- Tingkat frekuensi kesalahan;
- Tingkat kepuasan pemakai;
Karakteristik yang telah ditentukan oleh Jacob Nielsen akan sangat sulit kita terapkan 100%, apalagi kalau sudah menyangkut kepentingan klien web, tetapi paling tidak bisa menjadi acuan yang membantu kita untuk merancang layout suatu website, agar website tersebut :
- Mudah dipelajari penggunaannya oleh pengunjung;
- Mudah diingat dan digunakan navigasinya oleh pengunjung;
- Dapat digunakan secara efisien;
- Memperkecil tingkat kesalahan pemakaian oleh pengunjung dalam mengoperasionalkan web;
- Memuaskan pengunjung hingga akhirnya tertarik untuk kembali lagi;
2. Sistem navigasi
    Navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung secara keseluruhan.

3. Graphic Design
Pemilihan grafis, layout, warna, bentuk maupun typografi yang menarik visual          pengunjung untuk menjelajahi website.
3.      Content
Isi/konten yang bermanfaat ( 'Content is king , but without good design , Content is a naked king' ), kecuali website tersebut adalah website eksperimental/show off.
4.      Kompatibilitas
Seberapa luas sebuah webite didukung kompabilitas peralatan yang ada, misalnya browser dengan berbagai plug-in nya ( IE, Mozilla, Opera, Netscape, Lynx, Avant, Maxthon dan masih banyak lagi dengan berbagai versi dan plugin nya)
5.      Loading time
Waktu panggil (loading time), walaupun ada banyak faktor yang akan mempengaruhi waktu panggil (loading time) website yang akan kita buka, diantaranya: besar bandwith/koneksi pengakses, kondisi webserver pada saat diakses, aplikasi yang digunakan dalam membangun website,dsb. Anda memiliki waktu 8 detik pertama untuk meyakinkan pengunjung untuk meneruskan menjelajahi website anda atau menutup browser dan pergi ke website lain. Oleh karena itu, letakkan 'sesuatu' di 8 detik pertama tersebut yang bisa menarik perhatian pengunjung.
Hint: ukuran sebuah halaman web html dengan image di dalamnya (tanpa flash) adalah kurang lebih 50-60 kb.
6.      Functionality
Ini akan melibatkan programmer dengan script-scriptnya, misal PHP,ASP,Java,CGI dsb, untuk menciptakan sebuah website yang dinamis, interaktif dan 'hidup' yang bisa mengajak pengunjung berkomunikasi secara langsung. Seberapa baik sebuah website bekerja dari aspek teknologikal nya.
Satu hal lagi aspek yang tidak boleh kita lupakan adalah accesibility, yaitu memaksimalkan penggunaan sebuah content ketika satu/lebih indera kita dimatikan/dikurangi (khususnya mata), ingat bahwa mungkin saja pengunjung website kita adalah orang yang memiliki kekurangan secara fisik ( Accesibility Checklist Recomendationnya W3C ).

Jenis – jenis Web berdasarkan sifat atau style-nya


Website Dinamis, merupakan sebuah website yang menyediakan content atau isiyang selalu berubah - ubah setiap saat. Bahasa pemrograman yang di gunakanantara lain PHP, ASP, .NET dan memanfaatkan database MySQL atau MS SQL.Misalnya website www. Artikel-it.com, www.detik.com,www.technomobile.co.cc, www. Polinpdg.ac.id dan lain-lain.Website Statis, merupakan website yang content-nya sangat jarang diubah.Bahasa pemrograman yang digunakan adalah HTML dan belum memanfaatkandatabase. Misalnya : web profile organisasi, dan lain-lain.Berdasarkan pada fungsinya, website terbagi atas :Personal website, website website yang berisi informasi pribadi seseorangCommercial website, website yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bersifatbisnis.Government website, website yang dimiliki oleh instansi pemerimtah, pendidikan,yang bertujuan memberikan pelayanan kepada pengguna.Non-profit Organization website, dimiliki oleh organisasi yang bersifat non-profitatau tidak bersifat bisnis.

I-29Ditinjau dari segi bahasa pemrograman yang digunakan, website terbagi atasServer-side, merupakan website yang menggunakan bahasa pemrograman yangtergantung kepada tersedianya server seperti PHP, ASP, .NET dan lainsebagainya. Jika tidak ada server, website yang dibangun menggunakan bahasapemrograman di atas tidak akan dapat berfungsi sebagaimana mestinya.Client-side, adalah website yang tidak membutuhkan server dalammenjalankannya, cukup diakses melalui browser saja. Misalnya, HTML


WEB CMS

Web Content Management System atau disingkat WCMS atau CMS yangdigunakan untuk mendesain dan mempermudah proses publikasi artikel dan pembuatansuatu content berita pada sebuah website. Penulis content berita / artikel dapatmemasukkan berita pada sebuah website tanpa harus menguasai teknik pemrogramanwebsite. WCMS yang banyak beredar di internet saat ini menggunkan :Bahasa Pemrograman PHP danDatabase MySQLPemanfaatan Web CMS di antaranya adalah untuk :WCMS Portal, merupakan CMS yang mempunyai banyak layanan, sepertilayanan berita, forum, mailing list, e-mail dan lain sebagainya. Misalnya joomla,drupal, phpnuke, postnuke, dllWCMS E-commerce, merupakan CMS yang bertujuan agar dapat melakukanproses transaksi online. Misalnya OsaCommerce, phpShop dan lain-lain.WCMS E-Learning, merupakan CMS yang bertujuan untuk keperluan prosesbelajar mengajar jaraj jauh, misalnya aTutor, Moodle dan lain sebagainya.WCMS Forum, merupakan CMS yang mnyediakan media untuk proses diskusisecara online. Misalnya phpBB, MyBB, MiniBB, dan lain sebagainya.WCMS Gallery, merupakan CMS yang menyediakan wadah untuk menampilkangallery foto. Misalnya Galery, Copermine, dan lain sebagainya.

 
I-30WCMS Personal/Blog, merupakan CMS yang bertujuan untuk keperluanmengelola data personal atau blog. Misalnya, Wordpress, Blogger, dan lainsebagainya.

Macam-macam Bahasa Pemrograman untuk web design

Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam web design:
1.      Bahasa Pemrograman HTML

HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
2.      Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3.      Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.
ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
4.      Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5.      Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
6.      Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
7.      Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.
Syntax coldfusion berbasis html.
8.      Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
9.      Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.
Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C)

 

Pengertian HTML | Pengenalan HTML


Merupakan suatu metoda untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. HTML sendiri bukan tergolong pada suatu bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu naskah teks dan bukan sebagai program.
 Bila di jabarkan berdasarkan kata-kata penyusunnya HTML dapat diartikan lebih dalam lagi menjadi :
Hypertext
Link hypertext adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju.
Markup
Pada pengertiannya di sini markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web.
Language
Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.Pada awalnya HTML dikembangkan sebagai subset SGML (Standard Generalized Mark-up Language). Karena HTML didedikasikan untuk ditransmisikan melalui media Internet, maka HTML relatif lebih sederhana daripada SGML yang lebih ditekankan pada format dokumen yang berorientasi pada aplikasi.



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar